EDUKASI BATU PERMATA

GEMSTONE EDUCATION

Batu permata adalah mineral indah yang digunakan untuk membuat perhiasan. Tetapi sebelum perhiasan dapat dibuat, batu permata harus dipotong dan dipolish. Batu berharga atau semi berharga, terutama satu potongan, polished, dan digunakan dalam sepotong perhiasan.

4 KATEGORI DARI BATU PERMATA

Warna Batu Permata (Rona-nada-saturasi))

Semua batu permata alami memiliki keunikan dalam warna mereka. Untuk memahami istilah dengan lebih jelas dan untuk dapat mengidentifikasi parameter warna yang berbeda, penting untuk fokus pada tiga hal ketika datang ke batu permata. Jenis batu permata yang sama mungkin memiliki intensitas warna, bayangan, kemurnian, saturasi, dan nada yang berbeda. Faktor utama yang menentukan warna batu permata adalah: rona, nada dan saturasi

Rona hanyalah warna dasar dasar dari batu permata, yang mewakili salah satu warna utama dari palet warna (pelangi). Mengidentifikasi rona semudah menyatakan bahwa batu permata berwarna biru, merah, hijau, atau kuning.

Nada menentukan seberapa kuat warna batu permata itu. Dapat bervariasi dari terang ke gelap, idealnya, nada yang paling berharga adalah netral, artinya tidak terlalu terang dan tidak terlalu gelap, tapi di tengah-tengah. Namun demikian, tergantung pada desain dan settingan perhiasan, nada yang berbeda mungkin terlihat lebih menarik daripada yang lain, dan kadang-kadang itu hanya perbedaan selera dan preferensi pribadi.

Saturasi, juga disebut sebagai kemurnian warna dan batu permata dengan saturasi yang sangat baik akan mengandung sedikit warna coklat atau abu-abu. Tentu saja, semakin murni warnanya, semakin berharga batu permatanya.

Potongan Batu Permata

Kualitas batu permata ditentukan oleh salah satu elemen terpenting - potongan. Dengan 18 tahun pengalaman dalam bisnis perhiasan dan batu permata, kami menyempurnakan kualitas potongan untuk memaksimalkan kemulian setiap batu permata. Potongan yang sangat baik akan mencerminkan kualitas batu permata, mengintensifkan warna, meminimalkan inklusi yang terlihat dan terutama, meningkatkan tampilan visual secara keseluruhan. We menilai potongan dalam 4 tingkat: cukup, baik, sangat baik dan excellent. Idealnya, hampir semua batu permata yang dibeli di GLAMIRA adalah potongan yang sangat bagus atau excellent. Potongan batu permata selalu ditunjukkan di bagian detail produk.

Kejelasan Batu Permata

Kejelasan batu permata mengacu pada warna dan kejelasan batu. Semakin sedikit inklusi yang dikandungnya, semakin tinggi tingkatnya dan semakin berharga batu permata itu. Kejelasan dari batu permata tergantung pada jenisnya. Kejelasan AAA mengacu pada batu yang sangat bersih sedangkan kejelasan AA mengacu pada batu yang semi bersih. Idealnya beberapa batu permata akan dinilai sebagai kualitas AAAA, yang berarti bahwa kejelasannya sangat tinggi. Kejelasan dari batu permata selalu ditunjukkan di bagian detail produk.

Berat Karat Batu Permata (Ukuran)

Carat mengacu pada pengukuran dari batu permata. Berbagai jenis batu akan memiliki densitas tertentu (massa per satuan jumlah), oleh karena itu dua permata secara visual tampak identik dalam ukuran mungkin berbeda dalam berat. Sebagai contoh, berlian kurang padat daripada ruby, karena alasan ini berlian 1-karat akan terlihat lebih besar daripada ruby 1-karat.

BATU BERHARGA

Zamrud

Sapphire

Ruby

Berlian Hitam

Saphire Putih

Zamrud

Batu berharga hijau yang kaya dan hidup, nama mereka berasal dari kata Yunani "smaragdos", yang berarti permata hijau. Salah satu dari 4 batu permata utama, bersama dengan berlian, sapphire dan ruby, zamrud memiliki pengecualian karena permukaan yang sangat tinggi dan sangat kurang keras bila dibandingkan dengan batu permata lainnya. Nilai zamrud ditentukan oleh 4 Kategori, warna, potongan, kejelasan, dan karat. Namun, untuk batu permata ini, warna adalah aspek yang paling penting, yang membuat zamrud hijau sangat terang dan yang paling berharga. Kejelasan adalah kriteria terpenting kedua. Karena zamrud memiliki banyak inklusi, semakin transparan batunya, semakin berharga nilainya. Batu-batu ini sekarang dapat ditemukan di Kolombia, Zambia, Afghanistan, Australia, Austria, Brasil, Madagaskar, Mozambik, Namibia, Nigeria, Norwegia, Pakistan, Rusia, Somalia, Afrika Selatan, Spanyol, Swiss, Tanzania dan Amerika Serikat.

Diasosiasikan dengan heart chakra, zamrud dikatakan sebagai batu dari cinta yang sukses. Mereka diyakini membawa kedamaian, kesetiaan, komitmen, untuk memastikan persahabatan, kesetiaan, dan kasih sayang. Batu permata ini telah menarik perhatian banyak orang sejak zaman kuno, menjadi batu favorit Cleopatra dan diyakini di Mesir kuno untuk memberikan kehidupan kekal. Kekuatan penyembuhan adalah alasan lain membuat zamrud sebagai batu yang luar biasa. Mereka diyakini dapat bekerja sebagai obat penawar, membersihkan tubuh dari racun, membantu memulihkan setelah terkena penyakit menular. Mereka dikatakan membantu menyembuhkan jantung, paru-paru dan bahkan memulihkan penglihatan yang buram.

Zamrud dianggap sebagai batu Venus, mampu membawa keamanan dalam cinta dan hubungan, sehingga membuat mereka menjadi salah satu pilihan terbaik untuk cincin pertunangan dan selain hal ini, zamrud adalah batu kelahiran tradisional bulan Mei.

Sapphire

Sapphire memiliki beberapa warna dan rona yang berbeda, warna biru adalah yang paling populer dan paling terkait dengan batu berharga ini dan bukan secara kebetulan, namanya berasal dari bahasa Latin "sapphirus’, yang berarti biru. Salah satu batu yang paling keras di bumi, - 9.00 pada skala Mohs, safir hanya dibawah berlian dan moissanites. Di antara 4 Kateegori (warna, potongan, kejelasan dan karat) yang menentukan nilai sapphire, warna adalah properti yang paling penting. Sapphireyang paling berharga adalah yang berwarna biru yang cerah, tidak terlalu gelap dan tanpa semburat keabu-abuan. Batu berharga ini sekarang ditemukan di Sri Lanka, Vietnam, Cina, Thailand, Australia, Amerika Serikat, Madagaskar dan Afrika Timur.

Banyak mitos dan keyakinan mengelilingi safir. Persia kuno percaya bahwa langit dicat biru agar terlihat seperti warna sapphire. Mereka tetap menjadi batu permata kerajaan utama di zaman modern, dan sapphire juga merupakan batu permata di cincin pertunangan yang diberikan kepada Lady Diana oleh Prince Charles. Safir diyakini dapat menenangkan kecemasan, menenangkan saraf dan membuat pikiran lebih jernih. Mereka terkait dengan throat chakra, yang berarti bahwa sapphire mungkin bisa membantu untuk memahami batin Anda. Sambil memberikan energi yang lebih tenang, sapphire juga membantu Anda berkonsentrasi dan menjadi lebih termotivasi. Sapphires dikatakan memiliki kekuatan penyembuhan, membantu mengobati gangguan pencernaan, menghilangkan apati dan kelesuan.

Sapphire melambangkan komitmen, kesetiaan, dan cinta murni, yang menjadikan batu berharga ini sebagai pilihan sempurna untuk cincin pertunangan. Mereka juga birthstone bagi mereka yang lahir pada bulan September.

Ruby

Salah satu dari 4 batu mulia utama, bersama dengan berlian, sapphire dan zamrud, ruby mengambil namanya dari warnanya, dari kata Latin “rubeus’’ yang berarti merah. Mereka terkait erat dengan sapphire, karena kedua batu ini adalah keluarga korundum. Ruby adalah salah satu batu yang paling keras, memiliki kekerasan 9.00 pada skala Mohs, dibawah berlian dan Moissanite. Nilai batu permata ini diukur oleh 4 Kategori seperti batu permata lainnya - warna, potongan, kejelasan dan karat, termasuk tempat asal mereka. Rubi yang paling berharga berwarna merah kaya yang lebih gelap, membawa nama “darah merpati”, tidak mengandung rona kuning atau biru. Saat ini, rubi dapat diperoleh di Myanmar, Madagaskar, Nepal, Pakistan, Tajikistan, Tanzania, Vietnam dan Amerika Serikat.

Sejak zaman kuno, ruby telah disebut batu cinta dan gairah, bahkan dianggap sebagai afrodisiak, yang meningkatkan aktivitas seksual. Mereka dipercaya untuk menyediakan energi dan antusiasme, melawan kelelahan dan keletihan. Ruby membuat pikiran lebih jernih, meningkatkan konsentrasi, dan meningkatkan motivasi. Batu permata ini diyakini mampu menyelesaikan argumen, memiliki kekuatan rekonsiliasi dan melindungi diri dari pikiran jahat. Rubi dikatakan memiliki kekuatan penyembuhan, karena mereka berhubungan dengan heart chakra, mereka dipercaya dapat mendetoksifikasi tubuh dan darah. Mereka membantu mengobati jantung, menurunkan demam dan mengobati aliran darah yang terbatas.

Ruby adalah birthstone bagi mereka yang lahir pada bulan Juli dan salah satu batu utama yang dipilih untuk cincin pertunangan karena simbolisme yang kuat dari gairah dan cinta mereka. Mereka secara tradisional diberikan sebagai hadiah pada peringatan pernikahan ke 15 dan 40.

Berlian Hitam

Diklasifikasikan sebagai batu berharga, berlian hitam alami sepenuhnya buram dan inilah yang membedakan mereka dari kebanyakan berlian. Mereka dianggap sangat bernilai karena mereka cantik dan dianggap sangat berharga. Namun, harga mereka lebih terjangkau dibandingkan dengan berlian berwarna lainnya.

Ada mitos dan keyakinan yang bertentangan tentang berlian hitam dan apa yang mereka wakili. Menurut legenda India, mereka mewakili Yama, dewa kematian. Namun, menurut kepercayaan Italia, hampir pertentangan langsung, menyatakan bahwa ini adalah batu rekonsiliasi - sehingga diyakini berlian hitam dapat membantu dengan mengikat hubungan yang longgar dan membuatnya bersatu kembali.

Karat - Karat adalah satuan berat yang digunakan untuk mengukur berlian. Perbedaan harga di antara penjual yang berbeda adalah hasil dari berbagai alasan, misalnya, berlian hitam yang ditambang secara alami akan lebih mahal tetapi masih merupakan alternatif yang lebih murah daripada berlian dengan warna lain. Berlian hitam biasanya lebih sulit untuk dipolish dan itu dapat mempengaruhi potongannya.

Potongan - Berlian hitam yang ditambang secara alami memang terlihat sangat kasar sehingga mereka perlu dibentuk menggunakan berbagai metode, dan proses ini disebut memotong atau polishing. Hal ini dilakukan dengan bantuan pisau gergaji lingkar tanpa gigi yang tipis dan tindakan "memotong" dilakukan oleh debu berlian dengan diresapi pisau itu sendiri.

Kejelasan - Kejelasan batu menunjukkan jumlah cacat atau inklusi yang ada dalam berlian, tetapi ketika menyangkut Berlian Hitam, hal itu tidak penting karena mereka tidak memantulkan cahaya sebanyak berlian lainnya.

Warna - Berlian hitam alami dapat ditemukan dengan bentuk kasarnya dengan warna hitam yang sama persis, yang membuatnya sangat populer, karena kelangkaan warnanya. Mereka memiliki warna ini dari grafit yang terbentuk di dalam struktur kristal selama pembentukan berlian. Tentu saja, mereka hanya ada dalam satu intensitas warna, Hitam Mewah.

Saphire Putih

Diklasifikasikan sebagai batu berharga, sapphire putih kadang-kadang dapat digunakan sebagai pengganti berlian, bukan hanya karena kemiripannya atau karena mereka lebih terjangkau, tetapi karena tingkat kekerasan dari sapphire putih hany dibawah berlian. Pada skala Moh, mereka memiliki tingkat kekerasan 9. Sebagai perbandingan, berlian memiliki tingkat kekerasan 10. Mengingat itulah, batu permata ini tahan lama dan cocok untuk pembuatan perhiasan.

Menurut kepercayaan populer, batu permata ini membawa kebijaksanaan dan kekuatan semangat, membantu mengeluarkan bakat dan potensi diri sendiri sambil menginspirasi individu untuk hidup dengan integritas, tetap setia pada ideal mereka sendiri. Tetapi juga, safir putih cocok untuk janji antara kekasih, karena melambangkan orang-orang yang harus mengorbankan segalanya untuk satu sama lain dan sebagai tambahan, mencegah kecemburuan di tahap awal hubungan atau pernikahan.

Karat - Ada perbedaan antara berlian dan sapphire pada umumnya, ketika menyangkut karat. Mereka berdua mungkin memiliki karat yang sama tetapi mereka akan memiliki berat berbeda, dengan sapphire yang akan lebih berat. Disarankan bahwa ketika Anda ragu untuk memilih karat dari Sapphire Putih, Anda dapat mempertimbangkan ukurannya dalam milimeter.

Potongan - Tidak seperti berlian, sapphire putih harus dipotong dengan cara khusus, sehingga keunikan batu ini dapat ditampilkan. Setiap penjual perhiasan akan menetapkan standar mereka sendiri ketika dalam hal potongan sapphire, dan mereka akan fokus pada warna batu untuk memastikan kualitas, karena tidak ada standar untuk "potongan ideal" yang ditetapkan untuk sapphire pada umumnya.

Kejelasan - Sama dengan yang lainnya, ada perbedaan ketika membandingkan kejelasan antara Sapphire Putih dan berlian. Karena sapphire berasal dari lingkungan yang kaya dengan mineral, yang dapat dengan mudah mempengaruhi batu permata itu sendiri, sudah pasti bahwa semua sapphire akan memiliki beberapa inklusi. Sappphire putih yang jernih sangat langka.

Warna - tidak sering untuk sapphire untuk terlihat putih dan sapphire putih dengan kualitas yang baik bahkan lebih jarang. Batu-batu ini disebut sebagai "tanpa warna". Beberapa sapphire putih memiliki warna kuning, pink atau biru yang sangat pucat.